7 Fakta Menarik ENHYPEN - Boyband Yang Lahir Saat Pandemi Covid-19

7 Fakta Menarik ENHYPEN
Selamat malam semuanya~

Industri musik di Korea sangat berkembang dan aktif, tak hanya dilihat dari banyaknya lagu atau album dirilis setiap minggu namun juga banyaknya grup yang bermunculan di setiap bulan.

Salah satu grup yang bisa dibilang baru muncul dan sukses bersaing di tengah generasi keempat adalah ENHYPEN. Debut di akhir tahun 2020 sekaligus di saat pandemi covid-19, ENHYPEN berhasil mencuri perhatian para penikmat musik K-Pop di seluruh dunia.

Saya termasuk orang yang terkena “pelet” ENHYPEN gara-gara menonton I-Land, sehingga terpaksa menambah mereka pada daftar grup favorit. Adakah yang sama dengan saya?

Nah, karena sudah suka ENHYPEN dan bermaksud membantu teman-teman lainnya untuk mengenal ENHYPEN (baca:meracuni) maka pada artikel ini saya ingin merangkum fakta-fakta menarik mereka. Lechugo~


7 Fakta Menarik ENHYPEN - Boyband Yang Lahir Saat Pandemi Covid-19


1. Terbentuk dari Survival Show

ENHYPEN merupakan boygroup yang terbentuk dari survival show I-Land yang diproduksi oleh Be:Lift Lab. Ditayangkan oleh M.net pada 26 Juni hingga 18 September 2020.

Terdapat 23 orang trainee yang berpartisipasi pada acara ini, namun hanya tujuh orang yang dipilih untuk menjadi sebuah grup dimana enam orang ditentukan dari hasil voting terbanyak secara global dan satu orang adalah pilihan produser.

7 Fakta Menarik ENHYPEN
Sumber foto : Facebook I-Land

 

2. Boyband Pertama Be:lift Lab

Be:Lift Lab merupakan joint label atau perusahaan yang terbentuk dari kerja sama antara Big Hit Entertaiment (sekarang HYBE) dan CJ E&M Entertaiment pada tahun 2018.

ENHYPEN menjadi grup sekaligus boyband pertama Be:Lift Lab yang dibentuk dari survival show I-Land di tahun 2020. Walaupun ENHYPEN berada dibawah naungan Be:Lift Lab namun mereka termasuk anak ketiganya Bang PDnim. Karena anggota ENHYPEN adalah mantan trainee Big Hit Entertaiment, semua orang-orang penting di Big Hit Entertaiment termasuk Bang PDnim mengikuti perkembangan mereka saat di I-Land dan setelah menjadi ENHYPEN, Bang PDnim yang juga merupakan bapak dari BTS dan Tomorrow X Together mengatakan bahwa beliau akan terus mendukung ENHYPEN.

7 Fakta Menarik ENHYPEN
Sumber foto : Twitter Enhypen



3. Kelahiran 2000-an

ENHYPEN termasuk boyband yang termuda di generasi ke-4. Pasalnya semua anggota lahir setelah tahun 2000. Anggota tertua yaitu Heeseung lahir pada tahun 2001. Setelah itu ada Jay, Jake dan Sunghoon yang sama-sama lahir di tahun 2002. Sunoo lahir pada tahun 2003 dan Jungwon tahun 2004. Sementara anggota termuda yaitu Ni-Ki lahir pada tahun 2005.


7 Fakta Menarik ENHYPEN
Sumber foto : Facebook ENHYPEN

  

4. Tak Ada Posisi Resmi

ENHYPEN tidak memiliki pembagian posisi resmi dalam grup selain posisi leader. Posisi resmi itu seperti main vocal, lead vocal, main rapper, main dancer yang biasa ada pada grup idol lainnya.

Leader ENHYPEN adalah Jungwon. Sehingga saat memperkenalkan diri dalam sebuah acara atau interview, mereka hanya menyebutkan nama, dan hanya Jungwon yang memperkenalkan diri sebagai leader.

Tujuannya adalah supaya masing-masing anggota bisa memenuhi semua posisi di grup. Dengan kata lain semua anggota dituntut memiliki kemampuan dalam tiga aspek utama yaitu vocal, rap dan dance. Ini dibuktikan dari lagu mereka ataupun saat cover lagu dari grup lain, semua member bisa bergantian menjadi pengisi vokal utama, rapper. Dan tentu saja semuanya bisa dance.

7 Fakta Menarik ENHYPEN
Sumber foto : Facebook ENHYPEN



5. Leader Termuda

Berdasarkan data grup K-Pop sejauh ini, ENHYPEN memiliki leader termuda yaitu Jungwon yang lahir pada 2004. Padahal Jungwon termasuk anggota termuda setelah Ni-Ki yang lahir pada 2005.

Banyak pertanyaan "Kenapa bukan Heeseung yang menjadi leader?" Walaupun Heeseung adalah anggota tertua, namun tidak otomatis dia menjadi ketua grup. Rupanya Be:Lift Lab menganut tradisi BigHit. Dimana anggota tertua tidak akan menjadi leader sehingga anggota lainnya yang dipilih setelah mengikuti tes kepribadian.

Alasannya adalah supaya kedepannya jika leader menghadapi masalah, sang leader bisa berkonsultasi dengan anggota tertua.

7 Fakta Menarik ENHYPEN
Sumber foto : Facebook Enhypen



6. Memiliki Anggota dari Luar Korea

ENHYPEN memiliki anggota dengan kewarganegaraan asing alias “bule”. Tak hanya satu bahkan tiga orang, dengan catatan ada yang pure bule dan ada yang setengah bule…hehe.

Yang pertama adalah Ni-Ki yang memiliki nama asli Nishimura Riki, berasal dari Jepang. Dia sangat ahli menari bahkan sudah mulai menari sejak umur tiga tahun. Ternyata Ni-Ki sudah pernah menjadi backup dancer SHINEE di tahun 2016-2017.

Yang kedua ada Jay dengan nama panjang Jay Park dan nama Korea Park Jong Seong. Jay lahir di Seattle, Washington, USA dan pindah ke Korea saat berumur 9 tahun sehingga dia memiliki kewarganegaraan Korean- American. Jay menjadi salah satu anggota ENHYPEN yang bisa berbahasa Inggris.

Yang ketiga adalah Jake dengan nama panjang Shim Jake dan nama korea Shim Jaeyoon. Dari berbagai artikel yang ada di internet, banyak yang mengatakan bahwa kedua orang tua Jake adalah orang Korea. Jake lahir di Korea, keluarganya pindah ke Australia saat dia masih sangat kecil sehingga tumbuh dan besar di sana dan Jake memiliki kewarganegaraan Korean-Australian. Walaupun kedua orang tua Jake adalah orang Korea, menurut saya wajahnya terlihat seperti blasteran didukung dengan aksen aussie saat dia berbicara dalam bahasa Inggris.

Dengan demikian anggota ENHYPEN yang pure bule / 100% warga negara asing adalah Ni-Ki yaitu dari Jepang. Sementara anggota yang setengah bule adalah Jay dan Jake.

7 Fakta Menarik ENHYPEN
Dari kiri ke kanan : Jay | Jake | Ni-ki


7. Ada Mantan Atlet Nasional

Siapa sangka ada anak muda yang berani melepaskan profesi sebagai atlet nasional demi menggapai mimpi barunya sebagai penyanyi/boyband.

Dia adalah Sunghoon yang ternyata telah menjadi figure skater selama 10 tahun. Pencapaiannya adalah pernah memenangkan dua medali perak di kompetsi ice skating nasional dan mewakili Korea Selatan di beberapa kompetisi internasional.

Saat masih berprofesi sebagai atlet, Sunghoon mendaftarkan diri menjadi trainee di BigHit dengan tujuan melatih gerakan yang dapat meningkatkan kemampuan di dunia figure skating. Namun selama menjadi trainee, Sunghoon mulai memiliki impian baru untuk menjadi penyanyi apalagi setelah menyaksikan langsung konser BTS.

Terhitung sudah dua tahun Sunghoon menjadi trainee dan berhasil debut menjadi penyanyi dengan grup yang bernama ENHYPEN. Tentu saya di saat bersamaan dia harus melepaskan profesi sebagai figure skater.

Berikut cuplikan Sunghoon saat turun menjadi atlet figure skater di ISU CS Asian Open Figure Skating Trophy 2018.




**

Demikianlah 7 fakta menarik ENHYPEN yang harus diketahui oleh kamu-kamu yang ingin nambah grup favorit. Namun bagi ENGENE sejati, ini sudah jadi pengetahuan dasar hehe.

Bagaimana? jadi makin penasarankah dengan mereka? Yang baru kenal ENHYPEN, siap-siap nambah bias.

딜라

Post a Comment

2 Comments

  1. Wow ada yang mantan atlet nasional jadi membernya. Kok bisa sih multitalenta begitu huhuhuhu. Btw waktu mba Dila nyebut setengah bule tadi, aku kira bakal kayak Huening Kai atau Vernon Seventeen gitu yang secara genetika ada campuran rasnya wkwkwkwk. Wah dunia rasanya kayak cepet banget berputar, kayaknya baru kemarin kaget anak 1999 debut, eh sekarang malah ada anak 2005 yang debut. xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Endah, ada mantan atlet. Awalnya aku juga takjub sekaligus mikir sayang banget dia harus melepaskan title atletnya. Tapi kalau dia enggak jadi boyband, aku gabakalan tau kalau ada atlet sekeren Sunghoon.

      Kalau Hueningkai dan Vernon emang bule banget. Kalau di Enhypen emang setengah bule.

      Iya, merasa makin tua sekarang karena ada boyband yang kelahiran 2005. T_T

      Delete