15 Istilah Photocard, K-Popers yang Suka Jajan Kertas Ganteng Wajib Tau!

Sekarang photocard benar-benar menjadi hot item di kalangan K-Popers. Banyak yang mengoleksi sehingga banyak juga yang memperjual belikannya di media sosial atau toko online. Entah sejak kapan tradisi ini dimulai.

Photocard adalah foto dari anggota grup K-Pop yang dicetak pada kertas tebal dengan ukuran kartu pada umumnya. Photocard tidak dijual secara resmi, karena merupakan hadiah yang ada di dalam album atau merchandise lainnya.

Saat unboxing album baru, yang membuat deg-degan adalah photocard. Dan momen yang paling menegangkan tentu saat mengintip foto seukuran kartu nama yang terselip diantara kepingan CD dan photobook. Foto siapakah gerangan? Fans akan histeris jika mendapatkan photocard bias sendiri lalu berujar "tangan saya harum sekali".

Siapa yang tak senang, bisa mendapatkan foto bias sendiri, mengingat dalam satu album hanya terdapat satu foto yang dimasukkan secara random oleh pihak produsen album. Yap, penggemar tidak bisa memilih foto yang diinginkan. Sehingga ada yang sengaja beli album banyak supaya kesempatan mendapatkan photocard yang diinginkan juga tinggi.

15 Istilah Photocard. K-Popers yang Suka Jajan Kertas Ganteng Wajib Tau!
Hueningkai sedang memperlihatkan album photocard di acara comeback show : FREEZE
Saat itu Tomorrow X Together bermain peran sebagai siswa yang sedang berkemah


Di sinilah hukum ekonomi mengambil peran. Photocard bisa dikatakan sebagai barang langka karena tidak dijual secara resmi. Semakin langka maka semakin mahal harganya. Siapa yang harga photocardnya mahal? Tentu member yang paling populer atau paling banyak penggemarnya.

Kita tidak bisa menutup mata, bagaimanapun orang punya selera masing-masing. Tanpa merendahkan member lainnya, member paling populer itu sungguh ada. Contoh kalau di BTS, member yang photocardnya paling mahal adalah Jungkook dan Taehyung.

Melihat fenomena photocard ini, saya jadi ingin merangkum istilah-istilah dalam dunia photocard yang sering didengar beserta penjelasannya. Khususnya istilah yang sering digunakan oleh penjual di marketplace. Buat kamu-kamu yang suka jajan photocard wajib tau loh. Ada apa aja yah? Mari kita lihat!!

15 Istilah Photocard yang Harus Diketahui oleh K-Popers!


------------------------------------------

DAFTAR ISI

------------------------------------------


1. PC

PC adalah kependekan dari photocard. Mungkin ada yang mengejanya sebagai "pe-ce" dan ada juga "pi-si".

2. Kertas Ganteng

Kertas ganteng adalah nama lain dari photocard yang digunakan oleh K-Popers Indonesia. Karena kebanyakan K-Popers adalah wanita dan tentu saja lebih suka boy group, makanya photocard sering disebut dengan kertas ganteng.

3. Pho-Kha / 포카

Pho-Ca (baca : Pho-ka) adalah singkatan photocard yang sering dipakai oleh orang Korea. Jadi tidak hanya kita saja, orang Korea juga suka menyingkat nama.

4. Lenticular / Lenti

Biasanya photocard berbentuk foto di kertas tebal biasa. Namun photocard lenticular adalah foto yang dicetak dengan teknologi print lenticular yang menggunakan dua atau lebih gambar berbeda. Jadi foto terlihat berbeda tergantung sudut pandang mata melihat.

5. Toploader

Toploader adalah plastik pelindung si kertas ganteng. Ukurannya sedikit lebih besar dan ketebalan plastik beragam. Toploader sudah menjadi barang wajib saat membeli photocard. Dan ini tentu berguna bagi penggemar yang suka mengoleksi photocard supaya kondisinya tetap bagus.

15 Istilah Photocard. K-Popers yang Suka Jajan Kertas Ganteng Wajib Tau!


6. Overprice

Namanya juga barang yang tidak dijual secara resmi, sehingga tidak ada harga pasti untuk sebuah photocard. Range harga terbentuk begitu saja sesuai dengan popularitas sang member. Namun ada kalanya penjual menaruh harga yang sangat mahal dibandingkan harga pasaran. Inilah yang disebut overprice.


7. Underprice

Kebalikan dari overprice, ada istilahnya underprice yaitu harga di bawah harga pasaran. Misalnya PC Jimin biasa dijual dengan harga 100,000 rupiah, tiba-tiba ada yang jual 30,000 rupiah. Calon pembeli pasti senang sekali kalau menemukan PC Jimin dengan underprice seperti ini. Tapi tidak dengan penjual lainnya, karena dianggap merusak harga pasar.

Biasanya orang yang menjual dengan underprice karena alasan tertentu misalnya butuh uang cepat, sudah ganti bias atau memang sudah tidak ingin menyimpan photocard lagi. 

8. Good Condi

Ini cuma sedikit singkatan dari good condition yang artinya kondisi bagus. Penjual biasanya menulis keterangan seperti ini pada photocard yang dijualnya. Jadi jangan bingung yah, "condi" itu apa.

9. Damage

Kebalikan dari good condi, damage berarti cacat/kerusakan. Saat menaruh photocard di tempat belanja online, penjual akan memaparkan kondisi dengan jelas supaya tidak ada komplain dari pembeli. Misalkan : damage - ada goresan di tengah, damage - ada 2 spot di sudut kiri.

10. Official

Official artinya resmi. Ini menandakan photocard yang dijual adalah resmi dan asli sesuai yang terdapat pada album.

Berikut contoh photocard BTS versi official punya saya. Selalu dapat Jimin padahal my bias is Jungkook.

15 Istilah Photocard - K-Popers yang Suka Jajan Kertas Ganteng Wajib Tau!
Bagian Depan

15 Istilah Photocard - K-Popers yang Suka Jajan Kertas Ganteng Wajib Tau!
Bagian Belakang


11. Unofficial / Unoff

Unofficial atau disingkat jadi unoff artinya tidak resmi. Pasti sering melihat photocard dengan harga sangat murah di market place kan? Itu bukanlah banting harga, tapi coba lebih teliti lagi. Tulisan unofficial/unoff menandakan foto itu adalah duplikasi atau dicetak sendiri oleh penjual.

12. Booked

Hati-hati saat jajan photocard di market place. Jangan langsung tergiur ketika menemukan foto bias yang sudah lama diincar. Setelah bayar, tiba-tiba dihubungi oleh penjual untuk membatalkan pemesananan karena photocard tersebut sudah ada yah punya. Kok bisa? Berarti kamu tidak sengaja membeli photocard dengan tulisan "booked". Booked artinya telah dipesan oleh orang lain. Saya pribadi masih bingung kenapa harus ada sistem "booked". Kalau saya di posisi penjual, saya akan menggunakan sistem siapa cepat dia dapat.
 

13. Ready/Ready INA

Ready artinya barang ada dan siap dikirim. Sementara ready INA berarti menegaskan bahwa barang sudah ada di Indonesia dan dikirim dari Indonesia. Ini memang perlu diketahui oleh calon pembeli, karena terkadang ada yang menjual dari luar negeri. Tentu menjadi pertimbangan ongkos kirim dan lama pengiriman.

14. PO

Kebalikan dari Ready, PO adalah Pre Order yang berarti harus pesan dulu dan bayar. Setelah itu barang akan dikirim dalam jangka waktu tertentu. Mungkin semuanya sudah tidak asing dengan istilah PO. Jadi tak perlu dijelaskan lebih rinci lagi.

15. Barter

Barter artinya bertukar. Sebelum maraknya sistem jual beli photocard, penggemar lebih suka melakukan sistem barter. Misalnya saya punya photocard Jimin dan ingin barter dengan photocard Jungkook. Sistem barter lebih menguntungkan karena hanya perlu membayar ongkos kirim jika menemukan orang yang tertarik untuk bertukar. Tapi semakin kesini, semakin susah menemukan orang yang ingin barter.

***

Bagaimana, sudah mulai mengerti dengan istilah fenomena kertas ganteng? Yup, itulah 15 istilah photocard yang wajib diketahui oleh K-Popers khususnya yang suka jajan photocard.

Kalau orang dulu suka koleksi prangko pos, kalau anak sekarang suka koleksi photocard hehe. Jadi kamu suka koleksi photocard siapa?

Note :
Jika kamu menemukan istilah K-Pop yang membingungkan pada artikel ini,
silakan temukan jawabannya di Kamus K-Pop yah.

딜라

Post a Comment

2 Comments

  1. Nggak, aku nggak suka koleksi photocard. Lebih suka koleksi photobook wkwkwkwk. Photobook set lengkap maksudnya hahahaha. Jual beli photocard sekarang makin banyak pembeli yang tuntutannya nggak masuk akal mba Dila, kemarin aku lihat video dari temenku ada pembeli yang menulis "sekesel itu" sambil nunjukin photocardnya yang nggak lurus bentuknya. Aku kayak...ya emang kan kan gitu. :) Mau lurus rus rus ya nggak bisa dong. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga enggak koleksi Endah, kayaknya dari segi umur juga udah ga cocok hahaha.
      Kangen deh masa-masa barteran, jadi gak perlu ada jual beli.

      Iya,, fans jaman sekarang kadang berlebihan. Namanya juga kertas, gampang rusak. Klo mau lurus sempurna , mending bikin kartu atm aja, dikasih gambar bias.

      Delete