Tokopedia, Music Show Berkedok E-Commerce

Tokopedia, Music Show Berkedok E-Commerce
Sumber foto : Tokopedia Blog

Orang Indonesia pada umumnya mengenal Tokopedia sebagai e-commerce atau platform transaksi jual beli online asli Indonesia yang termasuk dalam startup Unicorn di Indonesia. Perusahaan atau startup Unicorn maksudnya adalah bisnis yang memiliki nilai valuasi mencapai USD$1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun. Berarti Tokopedia sudah berada di level yang cukup besar dan menjadi kebanggaan Indonesia. (Penjelasan detail bisa dibaca disini). Namun di mata k-popers Indonesia, Tokopedia adalah Music Show berkedok E-Commerce. Nah kok gitu? 

Sekitar dua tahun terakhir ini, Tokopedia telah mencuri perhatian k-popers Indonesia. Hal ini berawal dari pengumuman Tokopedia pada 7 Oktober 2019 bahwa BTS telah resmi menjadi Brand Ambassador Tokopedia. Co-Founder dan CEO Tokopedia, mengungkapkan bahwa perjalanan dan visi BTS, bersama dengan pesan-pesan yang secara konsisten mereka sampaikan, selaras dengan visi Tokopedia. Alasan itulah yang membuat Tokopedia yakin untuk bekerja sama dengan BTS yang merupakan boyband terbesar di dunia asal Korea Selatan.

Hal ini tentu menjadi kejutan bagi ARMY Indonesia dan juga ARMY Internasional, dan berbagai komentar pun muncul seperti

"Gila, Tokopedia kaya banget bisa menjadikan BTS sebagai Brand Ambassador".

Komentar seperti ini wajar sekali karena di masa kejayaan BTS sekarang, mereka juga menjadi Brand Ambassador dari brand yang sudah mendunia seperti Hyundai, Samsung, Fila dan banyak lainnya.

Sejak pengumuman tersebut, otomatis tampilan website dan aplikasi Tokopedia dan berbagai iklan Tokopedia dihiasi dengan wajah-wajah BTS seperti di MRT, TV, billboard di jalan dll. Hal ini semakin membuat para ARMY senang karena bisa merasakan iklan BTS terutama di MRT layaknya di Korea. Kebahagiaan ARMY semakin bertambah ketika Tokopedia mengundang BTS sebagai bintang tamu pada acara WIB (Waktu Indonesia Belanja) pada 29 Juli 2020.

BTS di Tokopedia WIB

Pada acara tersebut, BTS membawakan beberapa lagu dan juga ada sesi wawancara. Penampilan BTS di Tokopedia WIB sangat disukai para ARMY tak hanya di Indonesia tapi juga ARMY Internasional. Fans merasa camera work nya bagus, sudah sama dengan standar acara musik di Korea. Selain itu sesi wawancara juga dibilang sukses terlihat dari BTS yang enjoy menjawab pertanyaan, ini karena pertanyaannya sangat relevan serta yang mewawancara adalah Youtuber Korea yang sudah ahli berbahasa Indonesia. Fans mulai membandingkan, saat BTS tampil di Amerika. Aksi panggung mereka tidak dapat disorot dengan baik oleh cameraman. Selain itu saat wawancara, MC suka menanyakan pertanyaan yang "membosankan" atau pertanyaan yang tidak menghargai BTS seperti "Sudah punya pacar?", "Siapa penyanyi luar yang mereka sukai/ingin berkolaborasi dengan siapa?" dll.

Setelah berhasil menjadikan BTS sebagai pengisi acara di Tokopedia WIB, ternyata Tokopedia membuat kejutan lagi untuk k-popers Indonesia. Yaitu dengan konsisten menjadikan boyband/girlband Korea sebagai salah satu pengisi acara Tokopedia WIB setiap bulan, seperti Twice, Treasure, NCT dll. 

Awal tahun 2021 sepertinya Tokopedia masih belum puas membuat k-popers Indonesia senam jantung, pasalnya pada 25 Januari 2021 Tokopedia mengumumkan bahwa BTS dan BLACKPINK resmi menjadi Brand Ambassadornya. Ini benar-benar wow, sayapun juga bertanya-tanya

"Kok bisa sih Tokopedia?
Duitnya banyak banget yah"

secara BTS adalah boyband terbesar dan Blackpink juga merupakan girlband Korea yang sudah mendunia.

Namun dibalik aksi buang-buang uang Tokopedia yang menjadikan BTS dan BLACKPINK sebagai Brand Ambassador dan juga selalu mengundang boyband/girlband Korea di acara Tokopedia WIB, Tokopedia tidak hanya berhasil mencuri perhatian k-popers Indonesia, tapi juga menjadi lebih dikenal oleh orang luar (fans mancanegara). Ditambah lagi, Tokopedia sedikit-sedikit mengenalkan budaya Indonesia saat sesi wawancara/kuis bersama boyband/girlband tersebut. Dan yang menarik adalah, fans mancanegara juga melihat penampilan penyanyi Indonesia saat tayangan Tokopedia WIB. Bahkan waktu itu Project-pop dan Raisa sempat viral di kalangan fans luar.

Treasure di Tokopedia WIB
TREASURE bermain kuis lika-liku kata-kata dalam Bahasa Indonesia

---
Chingudeul, sungguh saya tak berniat akan membuat narasi sepanjang ini. Awalnya saya hanya ingin menuliskan list boyband/girlband Korea yang telah menjadi pengisi acara di Tokopedia WIB. Tapi kok kayaknya terlalu to the point. Saya coba menulis pembukaan eh ternyata ide mengalir begitu saja. Baiklah, sekarang mari kita lihat siapa aja idol Korea yang pernah meramaikan Tokopedia WIB.

List bintang tamu Boyband/Girlband Korea yang tampil di Tokopedia WIB

Jam tayang : 20.00-21.30 WIB
Media tayang : stasiun TV Nasional, platform Tokopedia Play dan YouTube resmi Tokopedia

Tahun 2020 

29 JUL      : BTS
27 AUG    : TWICE & Secret Number
24 SEP      : Treasure & ITZY
25 OCT     : NCT 127 & NCT U
25 NOV    : BLACKPINK
25 DEC     : OH MY GIRL & DAY6 (Even of Day)

Tahun 2021 
  
25 JAN   : BTS & BLACKPINK
FEB         : Tidak ada penyanyi Korea
25 MAR  : Tomorrow x Together
23 APR   :  BTS & The Boyz
25 JUN   : NCT Dream & AESPA  

---

Gimana? lumayan banyak yah!! Rata-rata penyanyi terkenal semua. Oleh karena itulah k-popers Indonesia menganggap Tokopedia sebagai Music Show berkedok E-Commerce, wkwk.

Semoga ke depannya Tokopedia terus mengundang penyanyi Korea untuk menjadi bintang tamu spesial di Tokopedia WIB. Walaupun sebenarnya si penyanyi nggak benar-benar datang ke Indonesia, melainkan melakukan rekaman di Korea. Tapi k-popers Indonesia sudah sangat senang dan masih ingin melihat penampilan dari penyanyi lainnya.

Btw idol yang ingin saya lihat di acara Tokopedia WIB selanjutnya adalah : ENHYPEN, ATEEZ dan Stray Kidz. 

Fun fact : acara seperti ini (penampilan banyak boyband/girlband Korea yang ditayangkan di TV Nasional) belum pernah ada di negara lain loh. Jadi bisa dibilang fans internasional banyak yang iri dengan fans Indonesia. 

이상-
딜라--

Post a Comment

3 Comments

  1. Mbaaa setuju banget dengan cara rekaman Tokped yang udah mendekati gaya Korea. Editan teks-teksnya juga nggak kagok gitu dilihatnya. Kalo lihat di Running Man versi Indonesia dulu itu kan jelek ya editan hurufnya kayak asal ditempel, kalo yang di Tokped ini enggak. Oh iya btw, jadi inget BTS x McD wkwkwk, jadi nggak sabar menunya rilis di sini. xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya aku mikir, rekamannya bagus karena mereka rekaman di Korea, bukan di Indonesia. Otomatis yang merekam masih tim produksi Korea. Tapi di antara tim produksi Korea juga belum tentu semuanya bagus, kayak yg paling sering membuat fans kecewa itu M-N3T. Jadi aku mengapresiasi Tokopedia yang bisa mencari tim produksi yang bagus.

      Iyah, captiop dan subtitle nya unyu, enggak kaku. Beneran kayak di acara2 Korea.

      Aduh, aku menunggu banget BTS x McD. nanti klo udah launching di Indonesia, aku mau langsung review di blog ah..hehe

      Delete